Cara Root Redmi Note 8 Dengan TWRP Recovery

Cara Root Xiaomi Redmi Note 8 – Root mungkin sudah menjadi kata – kata yang awam untuk orang yang suka menggeluti Android, dan orang yang tahu sudah pasti mengerti bahwa proses root Xiaomi Redmi Note 8 harus dengan PC, tidak akan bisa dilakukan tanpa PC. Oleh sebab itu, kali ini saya sudah menyiapkan file untuk didownload di bawah ini guna menyukseskan proses root Xiaomi Redmi Note 8 anda.

Xiaomi Redmi Note 8 adalah seri terbaru dari Xiaomi yang diluncurkan secara resmi pada bulan September 2019. Ponsel ini menjadi sangat populer sebab menggunakan SoC Qualcomm generasi baru, yakni Snapdragon 665 dan GPU Adreno 610 serta layar IPS 6.3 inc FHD+.

Cara Root Xiaomi Redmi Note 8

Spesifikasi lainnya adalah kamera pada bagian belakang, 48 MP, 8 MP, 2MP, 2 MP serta kamera 13 MP pada bagian depan. Ponsel ini tersedia dengan varian RAM 4/6 GB dan storage 64/128 GB. Xiaomi Redmi Note 8 dibekali baterai besar 4000 mAh dan tersedia dengan berbagai macam pilihan warna gradasi seperti kebanyakan ponsel yang dirilis belakangan ini.

Note: Cara ini akan menghapus semua data yang ada di ponsel anda, jadi saya sarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu pada data yang penting do memori internal anda.

Cara Memasang TWRP di Xiaomi Redmi Note 8

Sebelum menginstall TWRP di Xiaomi Redmi Note 8, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu seperti:

Setelah semua persyaratan dan file sudah didownload, kini saatnya untuk mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

LANGKAH 1. Mengaktifkan USB Debugging dengan cara buka Setting > About Device > tekan sebanyak tujuh kali “MIUI Version” hingga muncul notfikasi kalau Developer option sudah aktif. Kemudian kembali lagi ke menu Setting > Additional Settings > Developer mode, kemudian aktifkan “USB Debugging Mode” dalam menu Developer mode.

Baca Juga :  Cara Root Realme U1 dan Install TWRP Recovery

LANGKAH 2. Ekstrak file Driver Xiaomi Redmi Note 8 dan install aplikasi yang terdapat didalamnya kemudian copy file TWRP Xiaomi Redmi Note 8 ke dalam folder C:/Program Files(x8Note 6 Pro)/Minimal ADB and Fastboot.

LANGKAH 3. Reboot Xiaomi Redmi Note 8 ke mode Fastboot dengan cara matikan ponsel terlebih dahulu kemudian tekan dan tahan tombol volume ke bawah beserta power hingga muncul logo Fastboot seperti gambar di bawah ini.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi
Tampilan Fastboot Mode Xiaomi

Jika sudah muncul logo tersebut, segera colokkan ponsel ke dalam PC dengan menggunakan kabel USB. Pastikan kabel USB yang digunakan dapat berfungsi dengan baik.

LANGKAH 4. Selanjutnya buka aplikasi Minimal ADB Fastboot dan ketik perintah berikut untuk memulai proses install TWRP Recovery ke dalam Xiaomi Redmi Note 8

fastboot flash recovery twrp-redminote7pro.img

LANGKAH 5. Kemudian reboot ponsel ke dalam mode TWRP Recovery dengan cara ketik perintah berikut:

fastboot boot recovery twrp-redminote7pro.img

Pada titik ini, anda sudah berhasil untuk memasang TWRP ke Xiaomi Redmi Note 8 dan sudah bersiap untuk langkah berikutnya, yakni melakukan proses root.

Cara Root Xiaomi Redmi Note 8

Pada langkah terakhir di cara memasang TWRP di Xiaomi Redmi Note 8, anda seharusnya saat ini sudah masuk ke dalam TWRP Recovery, jika TWRP meminta password maka abaikan saja dengan cara tekan cancel.

LANGKAH 1. Pada saat awal membuka TWRP, pilih untuk Keep Read Only, jangan berikan akses modifikasi sistem ke TWRP.

Cara Root Android
Keep Read Only TWRP

LANGKAH 2. Selanjutnya pada menu TWRP, pilih Wipe > Format Data untuk menghapus memori internal anda, hal ini maerupakan kewajiban agar memori internal anda dapat berfungsi kembali.

LANGKAH 3. Setelah selai, kembali lagi ke menu TWRP kemudian pilih Mount > Enable MTP dan koneksikan Xiaomi Redmi Note 8 anda ke dalam PC.

Baca Juga :  Cara Root Xiaomi Mi A3 Dengan TWRP Recovery

LANGKAH 4. Tunggu hingga Xiaomi Redmi Note 8 terdeteksi oleh PC, kemudian copy file Noverity dan SuperSU/Magisk ke dalam ponsel.

LANGKAH 5. Setelah selesai, kembali lagi ke menu TWRP, kali ini pilih Install lalu pilih file Noverity yang baru dicopy dan pilih Flash. Lakukan hal yang sama pada file SuperSU/Magisk.

Cara Root Android
Memulai Flash

LANGKAH Note 6 Pro. Setelah semua file sudah di flash, maka reboot ponsel dengan cara kembali ke menu TWRP kemudian pilih Reboot ke sistem.

Tunggu sebentar, proses restart ini akan memakan waktu yang agak lama daripada biasanya. Namun jika sudah selesai, maka ponsel Xiaomi Redmi Note 8 anda sudah berhasil di root. Selain root, saya juga sudah menyediakn tutorial lain untuk Xiaomi Redmi Note 8, yakni cara flash Xiaomi Redmi Note 8. Sampai jumpa lagi di CaraRootBaru.com.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!