Cara Mudah Flash Realme U1 (Sukses 100%)

Cara Flash Realme U1 – Sebenarnya, selain dapat memperbaiki berbagai masalah perangkat lunak di ponsel Realme U1, flashing juga dapat digunakan untuk hal-hal lain.

Contohnya adalah memperbarui sistem operasi menjadi lebih baru atau hanya mencoba ROM custom baru yang berbeda dari ROM / Firmware asli. Di sini saya juga menyediakan tautan unduhan untuk ROM / firmware Realme U1 yang ditemukan di bawah ini.

Cara Flash Realme U1

Realme U1 adalah salah satu smartphone terbaru yang diperkenalkan oleh Realme pada bulan Desember. Smartphone ini memiliki layar bertipe IPS LCD berukuran 6.3 inci, dan memiliki resolusi 1080 x 2340 piksel.

Realme U1 hadir dengan prosesor Mediatek Helio P70 dan GPU Mali-G72 MP3. Realme U1 berjalan pada Color OS 6 yang berdasarkan Android 9 Pie.

Realme U1 hadir dengan 3/4 GB RAM dan 32/64 GB internal sotage. Salah satu hal menarik yang ditawarkan oleh Realme U1 adalah hadirnya kamera yang bagus dengan harga cukup terjangkau.

Kamera ini mengusung resolusi 13 MP PDAF dan 2 MP depth sensor yang dilengkapi dengan LED Flash. Sedangkan kamera selfie menggunakan 25 MP. Spesifikasi lain dari smartphone ini diantaranya adalah baterai 3500 mAh.

Cara Flash Realme U1

Meskipun proses flashing dari Realme U1 itu sendiri tidak sulit, teman-teman yang ingin mencobanya harus lebih berhati-hati karena jika salah memilih firmware, itu bisa membuat ponsel anda tidak dapat dihidupkan lagi, atau biasa disebut istilah bootloop.

Sedangkan proses flashing dari Android itu sendiri dapat diartikan sebagai instal ulang jika diterapkan pada komputer atau laptop. Flashing biasanya digunakan untuk memperbaiki berbagai masalah seperti

  • Realme U1 Bootloop
  • Realme U1 lupa kata sandi
  • Realme U1 restart sendiri
  • Realme U1 hanya bergetar
  • Realme U1 benar-benar mati
Baca Juga :  Cara Root Samsung Galaxy A20 Dengan TWRP Recovery

Sebenarnya berbagai masalah di atas dapat disebabkan oleh pengguna sendiri atau bahkan sebagian kecil karena kesalahan sistem. Dan jika masalah terjadi seperti yang disebutkan di atas, flashing diperlukan untuk memperbaikinya.

Sebelum melakukan proses flashing Realme U1, perhatikan beberapa persyaratan di bawah ini.

  • Saya sarankan untuk melakukan proses backup data terlebih dahulu karena proses ini akan menghilangkan semua data di ponsel.
  • Baterai ponsel harus lebih dari 50% sehingga proses dapat berjalan dengan lancar.
  • Unduh semua file di bawah ini.
  • Download Firmware Realme U1, ROM iniadalah versi global dari ROM, jadi ada bahasa Indonesia di dalamnya.

Jika semua persyaratan di atas berhasil, anda memenuhi, sekarang saatnya untuk melakukan proses flashing.

LANGKAH 1. Ekstrak file yang diunduh di atas dan instal Driver USB di komputer anda dengan mengklik kanan> Run as Administrator.

Cara Flash oppo vivo

Klik kanan, jalankan sebagai administrator

Cara Flash oppo vivo

Pilih “Install Anyway”

Proses Instalasi Driver USB MTK berfungsi jika ada pemberitahuan di jendela CMD seperti di bawah ini.

Cara Flash oppo vivo
Proses instalasi USB telah berhasil

LANGKAH 2. Ekstrak file “Alat Flash Realme” yang telah diunduh sebelumnya, lalu instal PDAnet.exe dan CodeMeterRuntime.exe

LANGKAH 3. Lalu buka CodeMeter Control Center dan pilih File> Import License> lalu pilih file RealmeMsmDownloadToolNoneLic_2001.WibuCmRau di Realme all tool folder.

Cara Flash oppo vivo

LANGKAH 4. Jika itu benar, maka aplikasi CodeMeter Control Center akan terlihat seperti ini.

Cara Flash oppo vivo

LANGKAH 5. Setelah itu, ekstrak firmware yang diunduh dan klik kanan> jalankan sebagai administrator di aplikasi DownloadTool.exe

Proses memasukkan lisensi di atas berguna untuk menghindari peringatan “CmDongle runtime” yang dapat terjadi ketika anda pertama kali membuka aplikasi DownloadTool. Berikut ini adalah tampilan aplikasi DownloadTool saat pertama kali dibuka.

Cara Flash oppo vivo
Download Tool sedang mengakses file Firmware

LANGKAH 6. Kemudian tekan Mulai Semua dan tunggu sampai proses selesai seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Cara Flash oppo vivo
Firmware siap untuk di-flash ke ponsel

LANGKAH 7. Sekarang ketika ponsel mati, tekan dan tahan tombol volume naik dan turun secara bersamaan kemudian hubungkan ke PC menggunakan kabel USB.

Baca Juga :  Cara Mudah Flash Realme C1 (Sukses 100%)

LANGKAH 8. Jika semua proses telah dilakukan dengan benar, aplikasi DownloadTool akan memulai proses flashing ROM atau firmware Realme U1 terbaru.

Cara Flash oppo vivo
Proses flash sedang berjalan

LANGKAH 9. Tunggu hingga proses flash selesai, setelah proses flash berhasil 100%, maka tampilan Alat Unduh akan seperti ini.

Cara Flash oppo vivo
Proses flash berhasil

LANGKAH 10. Teman ponsel Realme U1 akan reboot secara otomatis ketika proses flash selesai, tunggu saja sampai ponsel menyala lagi. Tapi ingat, reboot ini akan memakan waktu agak lama, jadi harap bersabar.

Jika proses flashing berhenti di bilah kuning, maka cobalah untuk mengulang menginstal Driver USB atau mencoba untuk me-restart PC terlebih dahulu. Setelah selesai menginstal, anda dapat mencoba proses root Realme U1 atau unlock bootloader Realme U1. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya di CaraRootBaru.com.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!